#AksiSehatCeria; Gak Ribet, Pola Hidup Sehat Ini Siapa Saja Bisa Lakukan


"Lebih baik menjaga kesehatan dari pada jatuh sakit atau mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah istilah yang lumayan sering saya dengar, tapi bagaimana implementasinya?"

Tahukah kamu? Indonesia ternyata menempati posisi ke-101 dari 149 negara dalam indeks kesehatan global menurut laporan The Legatum Prosperity Index 2017. Indonesia tertinggal jauh dari Negara tetangga seperti Thailand yang menempati posisi 35, Malaysia diposisi 38. Pun Vietnam dan Laos masing-masing pada posisi 69 dan 94[1].

Aktivitas terhambat, perasaan tak enak, dan produktivitas ikut terganggu. Ya, itulah hal yang bisa dirasakan jikalau seseorang jatuh sakit atau dalam keadaan tidak sehat. Kelihatan nampak sehat saja belum tentu sehat, loh kok bisa?

Pernahkah kamu merasa produktivitas tidak maksimal, cepat lelah, tidak bersemangat atau menjumpai orang yang sehat-sehat saja tidak merasakan keluhan tiba-tiba jatuh sakit? Itulah yang dinamakan nampak sehat. Keadaan yang tentu tidak kita harapkan bukan?

Tapi perlu diingat, hidup sehat bukan semata hanya untuk menghindari sakit, kesehatan adalah sebuah keniscayaan bagi manusia. Dengan tubuh dan hidup yang sehat, manusia; kita semua dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menunjang kehidupan. Heem, hidup sehat memang sangat penting.

Jadi harus bagaimana? lakukan pola hidup sehat jawabannya
Kok kesannya berat ya? Pada dasarnya artikel ini sama sekali tidak ingin membuat beban atau menakutimu. Dari pada menyesal dan susah dikemudian hari, lebih baik kita jaga kesehatan yuk!

Saya dan 70 % responden di Indonesia dalam Nielsen's New Global and Ingredient-Sentiment (2016) telah melakukan pola (gaya) hidup sehat[2]. Tidak ada beratnya lho melakukan pola hidup sehat. Buang jauh-jauh anggapan hidup sehat itu mahal dan ribet. Nyatanya pola hidup sehat di bawah ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

1. Tidur cukup
Waktu tidur ideal adalah tujuh sampai delapan jam sehari. Setelah melalui istirahat panjang (tidur) tubuh akan menjadi segar dan siap untuk beraktivitas keesokan hari. Tidur cukup membantu menangkal tubuh dari[3] diabetes, risiko stroke, tekanan darah, kanker payudara, gangguan pola makan, gangguan jantung, kemampuan otak dan depresi.

Foto: https://www.pexels.com/photo/girl-sleeping-on-bed-1359554/
Tips: Atur jam maksimal tidur, jauhkan ponsel dari jangkauanmu saat mendekati jam tsb. Sudah jadi rahasia umum berkutat dengan ponsel menjelang tidur sukses membuat tidur seseorang jadi molor. Imsomnia? tolak dengan sugesti bahwa kamu bisa tidur tepat waktu. Stop! main ponsel, rileks, dan pejamkan mata. Bisa tidur cukup karena tidurmu sesuai dengan jadwal tidur cukupmu.

2. Olahraga teratur
Lari pagi, gerakan atletik sederhana; push up, sit up, dan sejenisnya adalah olahraga praktis yang bisa dicoba. Yang paling saya rasakan manfaat dari berolahraga adalah mengurangi kelelahan saat beraktivitas, loh, kok bisa? Bisa dong karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tambahannya olahrga dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi stress, dan menurunkan kolesterol[4].

Foto: https://www.pexels.com/photo/adult-architecture-athlete-boardwalk-221210/
Fakta: Disadari atau tidak melakukan gerakan sederhana di kursi kantor saat ada waktu, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih, mencuci, dan masih banyak lagi yang biasa dilakukan setara dengan berolahraga lho. Fakta ini hanya untuk kamu yang punya alasan gak punya waktu berolahraga ya hihi.

3. Minum air putih cukup
Cukupi kebutuhan minum 1,5 liter atau delapan gelas sehari. Minum air putih seperti yang dianjurkan akan membantu melumasi sendi, membentuk ludah dan lender, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya, mengatur suhu tubuh, membersihkan sisa-sisa tubuh, membantu menjaga tekanan darah, dan melancarkan saluran udara[5].

Foto: https://www.pexels.com/photo/woman-drinking-water-1458671/
TipsMinumlah dua air putih saat baru bangun tidur dan satu gelas air putih sebelum mandi dan minum air putih 30 menit sebelum makan untuk mencegah masalah perut kembung dan membantu sistem pencernaan makanan dalam menyerap nutrisi yang optimal[6].

4. Makan makanan sehat tepat waktu 3 kali sehari

Makan makanan sehat tepat waktu 3 kali sehari dapat mengontrol asupan gizi dan menetapkan porsi makan yang sesuai kebutuhan[7]. Selain itu, berdasarkan pengalaman, makan makanan sehat tepat waktu 3 kali sehari menangkal kemungkinan terserang virus seperti influenza dan virus ringan lainnya. Karena asupan gizi terpenuhi, sistem imun pun jadi kuat.

Tips: walaupun sulit, usahakan kurangi sampai kemudian kamu bisa berhenti menggunakan makanan berpengawet, perisa buatan dan pewarna buatan ya..semua bisa dilakukan perlahan-lahan kok.

5. Mandi teratur 2 kali sehari

Foto: https://www.pexels.com/photo/woman-taking-a-shower-192474/
Sebagai anak kost sering saya jumpai seorang hanya mandi ketika keluar untuk beraktivitas. Berarti sekali sehari, hemm, ada tidak diantara kalian? Hihi.

Mulai sekarang, mandi sehari 2 kali dan mandi pagi usahakan dengan air dingin yuk! Karena air dingin dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, mengatasi stress, dan membuat rambut menjadi semakin sehat.[8]

Fakta: mandi teratur 2 kali sehari bisa membuat mood menjadi lebih baik, membangkitkan semangat, dan pastinya menyehatkan karena terbebas dari kotoran dan bakteri yang bisa saja menimbulkan penyakit. Plus-nya dengan mandi teratur sehari 2 kali dapat otomotis merawaat tubuh, hemm punya tubuh cantik dan ganteng siapa si yang gak mau?

6. Membiasakan berjalan kaki

Foto:https://www.pexels.com/photo/people-crowd-walking-9816/

Berjalan kaki punya segudang manfaat baik bagi kesehatan lho seperti membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan dalam membangun stamina, memberikan manfaat bagi jantung, untuk kesehatan tulang, dapat menghilangkan stress, membantu mencegah diabetes tipe 2, mengurangi risiko kanker usus, kanker payudara, kolon dan juga baik untuk otak[9].

Tips: membiasakan jalan kaki dengan jarak dekat, kira-kira setara ngangkot dengan ongkos Rp2.000-an bisa banget. Pergi ke kampus, sekolah, pasar, keperluan yang sekiranya punya jarak yang dekat ya..

Bayangkan manfaat berjalan kaki bagi kesehatan dan estimasikan berjalan kaki memerlukan berapa waktu. Dengan begitu kamu bisa mengatur jadwal, tidak ada alasan telat atau malas untuk memulai membiasakan berjalan kaki:)

7. Menjaga kebersihan tempat tinggal

Foto: https://www.pexels.com/photo/bloom-blossom-cleaning-dandelion-434163/

Membiarkan hunian kotor berarti mebiarkan kotoran, kuman, dan bakteri ikut berhuni. Selain dapat menimbulkan penyakit, tempat tinggal yang kotor dapat membuat mood jadi tidak enak dan tidak nyaman. Kalau sudah bersih tapi tempat tinggalmu kotor apa gak sayang tuh? jadi keikut kotor lagi kan?

Jadi, bersihin tempat tinggalmu ya, minimal sekali sehari deh:)

8. Bahagia, salurkan energi positif

Foto: https://www.pexels.com/photo/achievement-adult-agreement-arms-1153213/

Sering gak sih dengar atau baca tentang, “bahagia itu datangnya dari jiwa atau dari dalam hati.” Itu benar banget lho. Karena dengan bahagia segala yang ada dalam tubuh akan merenspon dan bekinerja dengan baik.

Efek panjangnya, bahagia mampu menurunkan risiko meninggal dunia lebih rendah karena kanker, saluran pernafasan, penyakit jantung, stroke, dan infeksi. Selain bisa lebih sehat dan panjang umur. Bahagia juga bisa mengubah cara kita dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik[10].

Tips: undang bahagiamu dengan selalu bersemangat, optimis, menebarkan kebaikan, berpikir positif dan ikhlas.

9. Donor darah dapat plus-plus check up kesehatan

Foto: https://www.pexels.com/photo/person-getting-his-blood-check-1350560/
Dengan berdonor darah otomatis kita akan melalui proses cek kesehatan. Cek kesehatan itu penting untuk mengetahui kondisi tubuh, dan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit.

Tentang manfaat donor darah gimana?

Ada banyak sekali manfaat mendonorkan darah bagi kesehatan, kamu bisa baca di –DokterSehat.com lebih lengkapnya (manfaat donor darah http://bit.ly/2xDrdAi)

10. Selalu Update tentang kesehatan

Foto: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-t-shirt-holding-smartphone-in-front-of-laptop-914931/

Ini pola hidup sehat terakhir yang menjadi modal penting untuk sehat. Praktik hidup sehat tentu ada teorinya. Alih-alih sehat tapi sesat info atau kurang info akan membuat hilang maksimalisasi hidup sehat, kan sayang..

Info tentang kesehatan bertebaran di internet, kamu dapat mudah mengaksesnya. Tapi dari sekian banyak info, Doktersehat.com sangat cocok bagi saya. Baik portal atau medsos Doktersehat.com sangat enak untuk dibaca. Pembahasannya sangat lengkap mulai dari info kesehatan sederhana sampai hal yang terberat seperti penyakit diulas di Doktersehat.com.

Baca Informasi kesehatan dan tips kesehatan di – DokterSehat.com (http://bit.ly/2xCxrjL).

Nah, Itu dia pola hidup sehat yang bisa dilakukan siapa saja, gimana, gak ribet kan? selamat menyambut hidup sehat ceriamu:)




Referensi:

[1] Yuanita, Debora. 2017. Indeks Kesehatan Indonesia Masih Sangat Rendah. Https://tirto.id/indeks-kesehatan-indonesia-masih-sangat-rendah-cBRn. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.02 WIB.
[2] Sri Yanti Nainggolan. 2018. Survei: Makanan Sehat Makin Disukai Masyarakat Indonesia. http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/GKdQLDrN-survei-makanan-sehat-makin-disukai-masyarakat-indonesia. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.48 WIB.
[3] Doktersehat.com. Bahaya Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan. Https://doktersehat.com/bahaya-akibat-kurang-tidur-bagi-kesehatan/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.25 WIB.
[4] Doktersehat.com. Apa Manfaat Olahraga. Htps://doktersehat.com/apa-manfaat-olahraga/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.28 WIB.
[5]Doktersehat.com. 10 Manfaat Minum Air Putih bagi Kesehatan. https://doktersehat.com/manfaat-air-putih/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.33 WIB.
[6] Dokter sehat.com. Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Minum Air Putih Sambil Berdiri. https://doktersehat.com/ini-alasan-mengapa-kita-tidak-boleh-minum-air-putih-sambil-berdiri/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.25 WIB.
[7] Doktersehat.com. 3 Hal yang Akan Terjadi Jika Kita Tidak Makan Teratur. https://doktersehat.com/3-hal-yang-akan-terjadi-jika-kita-tidak-makan-teratur/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.37 WIB.
[8] Doktersehat.com. Manfaat Luar Biasa Mandi Air Dingin di Pagi Hari. https://doktersehat.com/manfaat-luar-biasa-mandi-air-dingin-di-pagi-hari/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 19.50 WIB.
[9] Doktersehat.com. Manfaat Rutin Berjalan Kaki. https://doktersehat.com/manfaat-rutin-berjalan-kaki/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 20.06 WIB.
[10] Doktersehat.com. Optimis, Kunci Bagi Mereka yang Ingin Hidup Panjang Umur. https://doktersehat.com/optimis-kunci-bagi-mereka-yang-ingin-hidup-panjang-umur/. Diakses pada 14 Oktober 2018 pukul 20.13 WIB.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soko Guru Perekonomian Indonesia, KOPERASI?

BEASISWA DATAPRINT 2018